a. Interaksi di Pasar Barang
Aspek
ini mengenai kegiatan suatu pasar barang, misalnya pasar kopi atau
pasar karet. Menurut pandangan mikroekonomi, suatu perekonomian itu
merupakan gabungan dari berbagai jenis pasar, termasuk barang dagang.
Maka untuk mengenal corak kegiatan suatu perekonomian antara lain perlu
memerhatikan corak operasi suatu pasar barang. Dalam teori ekonomi,
pasar adalah suatu institusi yang pada umumnya tidak terjadi secara
fisik, yang mempertemukan penjual dan pembeli suatu barang. Melalui
interaksi antara penjual dan pembeli yang berlaku dalam pasar akan dapat
ditentukan tingkat harga suatu barang dan jumlah barang yang
diperjualbelikan.
b. Tingkah Laku Penjual dan Pembeli
Aspek
berikut ini adalah tentang tingkah laku pembeli dan penjual di pasar.
Aspek ini bertitik tolak dari dua asumsi. Asumsi yang pertama adalah
para pembeli dan penjual menjalankan kegiatan ekonomi secara rasional.
Adapun asumsi kedua adalah para pembeli berusaha memaksimumkan kepuasan
yang mungkin dinikmatinya, sedangkan penjual berusaha memaksimumkan
keuntungan yang akan diperolehnya. Berdasarkan asumsi tersebut, maka
teori mikroekonomi menunjukkan:
1) bagaimana seorang pembeli menggunakan sejumlah pendapatan (atau uang) untuk membeli berbagai jenis barang yang dibutuhkannya,
2) bagiamana seorang penjual (produsen) menentukan tingkat produksi yang akan dilakukan.
c. Interaksi di Pasar Faktor
Interaksi
di pasar faktor adalah interaksi penjual dan pembeli di pasar
faktor-faktor produksi. Individu-individu dalam perekonomian adalah
pemilik faktor-faktor produksi. Mereka menawarkan faktor-faktor produksi
tersebut untuk memperoleh pendapatan. Pendapatan tersebut seterusnya
akan digunakan untuk membeli barang dan jasa yang mereka butuhkan.
Dengan
demikian kajian ekonomi mikro adalah sebatas unitunit aktivitas yang
dilakukan oleh individu-individu (baik orang per orang, rumah tangga,
perusahaan, maupun industri). Jadi, ekonomi mikro memusatkan perhatian
pada analisis bagaimana konsumen akan mengalokasikan pendapatannya yang
terbatas terhadap sekian macam barang dan jasa yang dibutuhkan, sehingga
ia akan memperoleh kepuasan. Selain itu, juga menganalisis bagaimana
produsen dengan anggaran yang sudah ditetapkan, ia akan memperoleh
keuntungan yang maksimum. Oleh karena itu topik yang dipelajari dalam
ekonomi mikro berkisar pada teori tingkah laku konsumen, teori produksi,
teori biaya produksi, dan macam-macam bentuk pasar (industri).
Categories:
Ekonomi