Gudang Materi




  1. A. DEFINISI AKUNTANSI
Definisi akuntansi dapat dirumuskan dari dua sudut pandang, yaitu :
  1. Definisi dari sudut Pemakai
Akuntansi adalah suatu disiplin (ilmu) yang menyediakan informasi ang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatn-kegiatan suatu perusahaan atau organisasi.
Informasi yang dihasilkan diperlukan untuk:
  • Membuat Perencanaan yang efektif, pengawasan dan pengambilan keputusan oleh manajemen,
  • Pertanggungjawaban perusahaan/organisasi kepada investor, kreditur, badan pemerintah, dll
  1. Definisi dari sudut Proses Kegiatan
Akuntansi merupakan proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan dan penganalisasian data keuangan suatu perusahaan/organisasi (2005 :Haryono Yusup). Pada dasarnya akuntansi harus :
  • Mengidentifikasi data mana yang berkepentingan atau relevan dengan keputusan yang diambil.
  • Memproses atau menganalisis data yang relevan.
  • Mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
Akuntansi sebagai suatu sistem informasi diperlukan oleh berbagai pihak, baik dari kalangan intern maupun ekstern perusahaan, secara garus besar pihak-pihak tersebut antara lain : Manager, Investor, Kreditur, Instansi Pemerintah, Organisasi Nirlaba (organisasi yang tidak mengutamakan laba), dan Pemakai Lainnya




  1. B. PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI
Dalam prinsip akuntansi Indonesia, terdapat tiga aturan 9konsep) yang perlu diperhatikan, antara lain :
  1. Konsep Entitas (kesatuan usaha)
Ditinjau dari segi akuntansinya, antara kesatuan usaha yang satu dengan kesatuan usaha yang lainnya atau dengan pemiliknya, terdapat garis pemisah yang tegas. Aktivitas usaha dicatat secara terpisah dari aktivitas pihak pihak yang berkepentingan. Entitas ini dapat berupa dealer mobil, toko serba ada, toko grosir, dll.
  1. Prinsip Objektivitas
Catatan dan laporan akuntansi harus didasarkan pada data-data yang benar dan berawal dari kegiatan yang didokumentasikan dalam bentuk bukti yang objektif, sehingga akan menghasilkan laporan akuntansi yang menyajikan informasi yang bisa dipercaya.bisa dipercaya
  1. Prinsip Cost (Biaya)
Menetapkan bahwa harta dan jasa yang dibeli atau diperoleh harus dicatat atas dasar biaya yang sesungguhnya Barang atau jasa yang dibeli akan dicatat dengan harga yang sesungguhnya disepakati dalam transaksi yang bersangkutan.

  1. C. LAPORAN KEUANGAN DAN PERSAMAAN AKUNTANSI
Salah satu fungsi utama akuntansi adalah menyediakan laporan laporan periodik untuk manajemen, investor, kreditor dan pihak-pihak lain diluar perusahaan. Laporan Keuangan utama yang dihasilkan dari proses akuntansi adalah Laporan Rugi Laba dan Neraca, namun pada umumnya suatu perusahaan mempunyai beberapa laporan keuangan, yaitu :
  1. Laporan Laba Rugi menggambarkan hasil-hasil usaha/pendapatan yang dicapai dalam suatu periode tertentu. Dalam Laporan Laba Rugi terdiri dari : Pendapatan (Penjualan barang dan jasa, Pendapatan Bunga dll) dan Biaya (biaya gaji pegawai, Biaya perlengkapan, Biaya pembelian bahan baku, biaya macam-macam, dll)
  2. Laporan Perubahan Modal dibuat untuk mengetahui jumlah saldo akhir modal perusahaan pada periode tertentu. Dalam Laporan Perubahan Modal terdiri dari Modal Awal, Laba atau Rugi bersih, dan Prive (jika ada).
  3. Laporan Arus Kas dibuat untuk mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran kas secara tunai serta jumlah saldo kas bersih perusahaan pada suatu periode tertentu. Dalam Laporan Arus Kas  terdiri dari:
    • arus kas dari aktivitas operasi, yaitu penerimaan dan pembayaran kas yang menyangkut kegiatan aktivitas perusahaan, contohnya kas yang diterima dari penjualan, biaya yang dikeluarkan pada waktu produksi (listrik, air,dll)
    • arus kas dari aktivitas investasi, yaitu transaksi kas untuk pembelian atau penjualan aktiva tetap/permanen, contohnya membeli tanah, gedung, peralatan, menjual saham, dll.
    • arus kas dari aktivitas pendanaan, yaitu transaksi yang berhubungan dengan peminjaman dana dan pengambilan uang oleh pemilik, contohnya modal awal dan  prive
  4. Neraca dibuat untuk menggambar posisi keuangan perusahaan pada saat tertentu. Dalam Neraca terdiri dari Aktiva (Harta)dan Pasiva (Kewajiban/Hutang dan Modal Akhir), jumlah total aktiva harus sama dengan jumlah total pasiva.

Dalam menyusun laporan keuangan seperti yang diuraikan pada bab 1, suatu sistem akuntansi harus dapat menghasilkan lima kategori informasi, yaitu : aktiva, kewajiban, modal , pendapatan dan biaya.
  1. 1. Aktiva
Aktiva merupakan sumber-sumber ekonomi/ kekayaan  yang dimilki perusahaan yang biasa dinyatakan dalam satuan uang. Ada kekayaan beruapa barang berwujud seperti gedung, tanah, mesin, dll. Ada pula yang berupa tagihan seperti piutang dagang, ada pula yang berbentuk pembayaran dimuka(uang muka) atas jasa tertentu yang baru akan diterima pada masa yang akan datang seperti premi asuransi. Dalam mencatat neraca urutannya dimulai dengan aktiva lancar (kas, piutang dagang, persediaan, dll) dan diikuti dengan aktiva yang permanen (gedung, mesin, tanah, dll).
  1. 2. Kewajiban
Kewajiban meupakan utang yang harus dibayar oleh perusahaan dengan uang atau jasa pada saat tertentu dimasa mendatang. Dengan kata lain, kewajiban merupakan tagihan para kreditur kepada perusahaan. Kewajiban digolongkan menjadi 2, kewajiban jangka pendek (jangka waktu jatuh temponya <1 tahun) dan kewajiban jangka panjang (jangka waktu jatuh temponya  >1 tahun). Dalam menyusun neraca, urutannya pencatatannya dimulai dari kewajiban jangka pendek (utang wesel yang ditarik untuk pinjaman jangka pendek, atau kewajiban jangka pendek lainnya) kemudian kewajiban jangka panjang (utang hipotik, utang obligasi, dll).
  1. 3. Modal
Modal merupakan hak pemilik perusahaan atas kekayaan (aktiva) perusahaan. Besarnya modal sama dengan aktiva bersih perusahaan, yaitu selisih antara aktiva dengan kewajiban. Modal dicantumkan dalam neraca dibawah kewajiban.
Persamaan Akuntansi :



Harta (aktiva) = Kewajiban (Hutang) + Modal

  1. 4. Pendapatan.
Pendapatan adalah aliran dana penerimaan kas maupun harta lainnya yang diterima sari konsumen/pelanggan sebagai hasil penjualan barang atau pemberian jasa.
  1. 5. Biaya
Biaya adalah harga pokok barang yang dijual atau jasa yang dikonsumsi untuk menghasilkan pendapatan.

Categories:

Leave a Reply

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

.

Followers