- A. DEFINISI AKUNTANSI
- Definisi dari sudut Pemakai
Informasi yang dihasilkan diperlukan untuk:
- Membuat Perencanaan yang efektif, pengawasan dan pengambilan keputusan oleh manajemen,
- Pertanggungjawaban perusahaan/organisasi kepada investor, kreditur, badan pemerintah, dll
- Definisi dari sudut Proses Kegiatan
- Mengidentifikasi data mana yang berkepentingan atau relevan dengan keputusan yang diambil.
- Memproses atau menganalisis data yang relevan.
- Mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
- B. PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI
- Konsep Entitas (kesatuan usaha)
- Prinsip Objektivitas
- Prinsip Cost (Biaya)
- C. LAPORAN KEUANGAN DAN PERSAMAAN AKUNTANSI
- Laporan Laba Rugi menggambarkan hasil-hasil usaha/pendapatan yang dicapai dalam suatu periode tertentu. Dalam Laporan Laba Rugi terdiri dari : Pendapatan (Penjualan barang dan jasa, Pendapatan Bunga dll) dan Biaya (biaya gaji pegawai, Biaya perlengkapan, Biaya pembelian bahan baku, biaya macam-macam, dll)
- Laporan Perubahan Modal dibuat untuk mengetahui jumlah saldo akhir modal perusahaan pada periode tertentu. Dalam Laporan Perubahan Modal terdiri dari Modal Awal, Laba atau Rugi bersih, dan Prive (jika ada).
- Laporan Arus Kas dibuat untuk
mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran kas secara tunai serta
jumlah saldo kas bersih perusahaan pada suatu periode tertentu.
Dalam Laporan Arus Kas terdiri dari:
- arus kas dari aktivitas operasi, yaitu penerimaan dan pembayaran kas yang menyangkut kegiatan aktivitas perusahaan, contohnya kas yang diterima dari penjualan, biaya yang dikeluarkan pada waktu produksi (listrik, air,dll)
- arus kas dari aktivitas investasi, yaitu transaksi kas untuk pembelian atau penjualan aktiva tetap/permanen, contohnya membeli tanah, gedung, peralatan, menjual saham, dll.
- arus kas dari aktivitas pendanaan, yaitu transaksi yang berhubungan dengan peminjaman dana dan pengambilan uang oleh pemilik, contohnya modal awal dan prive
- Neraca dibuat untuk menggambar posisi keuangan perusahaan pada saat tertentu. Dalam Neraca terdiri dari Aktiva (Harta)dan Pasiva (Kewajiban/Hutang dan Modal Akhir), jumlah total aktiva harus sama dengan jumlah total pasiva.
Dalam menyusun laporan keuangan seperti yang diuraikan pada bab 1, suatu sistem akuntansi harus dapat menghasilkan lima kategori informasi, yaitu : aktiva, kewajiban, modal , pendapatan dan biaya.
- 1. Aktiva
- 2. Kewajiban
- 3. Modal
Persamaan Akuntansi :
|
- 4. Pendapatan.
- 5. Biaya
Categories:
Akuntansi