Gudang Materi


  1. A. DASAR-DASAR PROSEDUR AKUNTANSI
Keterangan :
  1. TRANSAKSI KEUANGAN adalah kegiatan yang berkaitan dengan keluar masuknya aliran dana dalam perusahaan, contohnya : menerima setoran dari pemilik, meminjam uang pada bank, menyewa gedung, membeli peralatan dan mesin, membayar gaji karyawan, membeli bahan baku, menjual barang, dll
  2. BUKTI TRANSAKSI adalah catatan (huruf dan angka), memo atau nota yang terkait dengan transaksi keuangan, contonya : nota pembelian, nota pembayaran, faktur pembelian, cek, dll.
  3. JURNAL adalah alat untuk mencatat transaksi perusahaan yang dilakukan secara kronologis (berdasarkan urut waktu terjadinya) dengan menunjukkan rekening yang harus didebit dan dikredit beserta jumlah masing-masing.
  4. BUKU BESAR adalah “buku” yang halaman-halaman berfungsi untuk penggolongan masing-masing akun, sehingga akan mempermudah dalam pencatatan dan pengecekan saldo rekening.
  5. LAPORAN KEUANGAN adalah hasil akhir dari proses akuntansi yang berupa laporan kesimpulan dari berbagai transaksi keuangan. Contohnya Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Modal, Laporan Arus Kas dan Neraca. Laporan Keuangan tersebut dapat dievaluasi dan digunakan perusahaan sebagai pengambilan keputusan.
  1. B. JURNAL
Setiap transaksi yang terjadi dalam perusahaan, sebelum dibukukan dalam buku besar, harus dicatat dahulu kedalam jurnal. Oleh karena itu, buku jurnal sering disebut sebagai buku catatan pertama atau book of original entry.
Manfaat pemakaian jurnal antara lain :
1)      Jurnal merupakan alat pencatatan yang memberikan gambaran secara kronologis (menurut urutan waktu terjadi transaksi), sehingga dapat memberi gambaran yang lengkap tentang seluruh transaksi perusahaan berdasarkan urut-urutan kejadiannya.
2)      Jurnal merupakan alat pencatatan yang dapat memberi gambaran pos-pos yang terpengaruh oleh suatu transaksi. Manfaat pemakaian jurnal akan sangat terasa, terutama bila suatu transaksi mengakibatkan adanya beberapa pendebetan dan pengkreditan, sedangkan di buku besar pengaruh semacam itu sulit diketahui.
  1. C. POSTING
Posting merupakan proses menindahkan ayat-ayat jurnal yang telah dibuat dalam buku jurnal ke buku besar. Dalam posting kegiatan yang dilalkukan adalah memindahkan jumlah dalam kolom debet jurnal ke dalam sisi debet rekening dan memindahkan jumlah dalam kolom kredit kedalam sisi kredit rekening. Untuk menegrjakan posting dapat dilihat pada contoh di halaman
  1. D. BENTUK JURNAL DAN BUKU BESAR
a)      Contoh bentuk jurnal adalah sebagai berikut :
JURNAL
Hal.1
Tanggal (1) Nama Rekening (2) No Rekening (3) Jumlah
Debet (4) Kredit (5)
2009
Kas
1 100.000
Sept 05
Pendapatan 500
100.000




























Pemakaian kolom-kolom dalam lembar jurnal adalah sebagai berikut :
Kolom Keterangan
1 mencatat tanggal transaksi,bagian kiri untuk mencatat tahun dan bulan, sedangkan kanan untuk mencatat tanggal
2 mencatat nama rekening yang akan didebet maupun rekening yang akan dikredit. Pencatatan rekening yang akan di kredit lebih menjorok kedalam
3 mencatat nomor rekening yang didebet maupun yang dikredit. Nomor rekening ini biasa bervariasi, tergantung perusahaan masing-masing dan biasanya sudah diketahui/dicantumkan dalam perusahaan. Namun apabila tidak diketahui, tidak perlu diisi juga tidak apa-apa.
4 mencatat jumlah rupiah rekening yang harus didebetkan ke dalam rekening yang namanya sudah tertulis dalam kolom(2)
5 mencatat jumlah rupiah rekening yang harus dikreditkan ke dalam rekening yang namanya sudah tertulis dalam kolom(2)
b)      Contoh bentuk Buku Besar, sebagai berikut :
KAS
no. rek 1
Tanggal (1) Uraian (2) Ref (3) Debit(4) Kredit(5) Saldo (6)
Debit Kredit
2009






Sept 5 Kas 2 100.000 - 100.000
































Pemakaian kolom-kolom dalam lembar jurnal adalah sebagai berikut :
Kolom Keterangan
1 mencatat tanggal transaksi,bagian kiri untuk mencatat tahun dan bulan, sedangkan kanan untuk mencatat tanggal
2 mencatat nama akun sesuai nama  rekening di buku besar
3 mencatat nomor halaman lembar jurnal
4 mencatat jumlah rupiah rekening yang harus didebetkan ke dalam rekening yang namanya sudah tertulis dalam lembar jurnal.
5 mencatat jumlah rupiah rekening yang harus dikreditkan ke dalam rekening yang namanya sudah tertulis dalam jurnal
6 mencatat saldo jumlah rupiah rekening yang harus didebit atau dikreditkan sesuai aturan pendebetan dan pengkreditan saldo rekening.




Categories:

Leave a Reply

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

.

Followers